Mengintip Notebook Berperforma Intel Core i5 Skylake dengan USB Tipe C

Mencari notebook untuk kebutuhan sehari-hari memang sulit-sulit gampang, letak kerumitannya bukan pada sedikitnya varian yang bisa dipilih, melainkan justru sebaliknya. Saking begitu  banyak model dan vendor yang menghadirkan berbagai macam bentuk perangkat, konsumen pun seakan kebanjiran produk. Akhirnya, karena  tak ingin dipusingkan dengan begitu banyak jenis, metode memilih pun jadi asal saja. Kalimat sakti, “asal ini atau asal anu” jadi keris pamungkas. Padahal sebenarnya menentukan notebook untuk untuk keperluan sehari-hari tidaklah bisa dianggap enteng. Apalagi kalau perangkat itu dipergunakan sebagai sarana untuk bekerja sekaligus bermain setiap hari.


Jika tidak ingin kecewa dikemudian hari, mutlak diperlukan perhatian yang lebih ketika memilih notebook. Karena siapa tau ketika kalian memilih notebook yang benar, dapat juga mendatangkan jodoh yang sesuai. Ingat, itu kan siapa tau lho. Nah, kali ini kebetulan kami ingin memberikan informasi sebuah notebook yang memang dipersiapkan untuk menangani keperluan sehari-hari. Dimulai dari bekerja ringan seperti mengetik, mengedit dokumen, membuat tabel dan lainnya, hingga sedikit berat seperti menjahit dan membuat video untuk keperluan multimedia. Notebook ini datang dari salah satu pabrikan asal Tiongkok yang memang telah berkutat lama dalam bidang dunia komputerisasi di dunia. Ya, dia adalah ASUS. 

Desain Manis Bermandikan Teknologi Baru

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, memilih notebook tidaklah bisa sembarang saja. Salah satu poin penting yang  harus diperhatikan adakah tidaknya ragam teknologi terbaru yang melekatinya. Jika ada artinya perangkat tersebut memang layak. Sebab dengan mengadopsi rangkaian teknologi terbaru, perangkat tersebut telah siap untuk bertempur dengan sejumlah tantangan baru di zaman modern. Semisal dia akan bisa dipasangkan (kompatibel) dengan aplikasi-aplikasi baru, proses pengolahan data dan sistem yang lebih cepat, dan juga misal transfer data  yang juga jadi lebih cepat. Teknologi baru yang ada pada A456 antara lain port konektor USB 3.1 Type C dan SoC Intel generasi ke-6. 

Port konektor USB misalnya, adalah teknologi terbaru dalam dunia port USB. Fitur tersebut meniscayakan kecepatan transfer data yang lebih baik daripada port konektor tipe sebelumnya. Sebagai contoh, dalam beberapa literature di internet kecepatan transfer dari USB Type A 3.0 adalah 3.2 Gbps atau setara dengan (400MB/s). Sedangkan pada USB 3.1 Type C secara teoritis dikatakan dapat mencapai kecepatan transfer data sebesar 10Gbps. Implementasi dalam berkirim data, tipe USB tersebut dapat mengirim data dengan kecepatan 1,2 GB/detik. Artinnya jika Anda memiliki file film berformat Full HD berukuran 12 GB misalnya, dapat ditransmisikan hanya dalam waktu 10 detik. 


Pada kenyataanya sekarang ini, belum banyak ditemukan kabel yang secara native mendukung USB Type C. Kami hanya menemukan kabel USB yang telah dirancang dengan port konektor USB Type C namun masih menggunakan USB Type A 3.0 di bagian ujung lainnya. Kabel tersebut pun belum mendukung untuk berkirim data melainkan untuk melakukan charging. Sehingga kecepatan teoritis tersebut belum dapat diuji. Akan tetapi, sejalan dengan waktu, kabel USB Type C (native) pasti akan segera mulai bermunculan. 

Menyinggung sisi desain, secara keseluruhan perangkat ini memiliki bodi yang oke.  Pada cover bagian belakang, kalian akan menemuka tekstur cover bergaya spun line (guratan garis melingkar) dengan ciri khas glossy (mengkilap) desain demikian membuat penggunanya terlihat trendy dan keren sangat bergaya dengan perangkat ini. Sementara pada bagian keyboard, tubuh notebook dirancang dengan desain yang halus bergaris-garis menggunakan warna alumunium. Dibagian tepi, teksturnya sedikit licin yang secara keseluruhan membuatnya terlihat elegan dan manis. Tombol power terletak disudut kanan atas notebook serta terlihat seperti dibuat dari bahan perak bercorak melingkar.

 


 

5.0

Rating

Mengintip Notebook Berperforma Intel Core i5 Skylake dengan USB Tipe C